Translate

Jumat, 05 September 2014

7 Mobil Termurah di Dunia

Kehadiran mobil murah tidak hanya menjadi guncangan segmen pasar mobil di Indonesia. Mobil murah juga mengguncang negara lain yang notabene sebagai negara berkembang.

Segmen pasar yang luas, membuat para raksasa otomotif dunia gencar membuat dan mempersiapkan mobil murah. Konsep yang di gagas mayoritas memiliki kapasitas mesin 1.000 cc, dengan konsumsi bahan bakar di atas 20 km per satu liter.

Semua kategori di sini didasarkan ukuran harga dibawah Rp 100 juta.

Berikut deretan mobil murah yang siap bersaing meramaikan pasar mobil di negara-negara berkembang. Mulai dari Volkswagen, Suzuki Alto, Datsun, Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, Tata Nano dan Geely.

1. Volkswagen
Tingginya permintaan mobil di negara berkembang, membuat mobil dari daratan benua biru Volkswagen (VW) tergiur untuk ikut bermain mobil murah.

Sasaran utama mobil ini negara berkembang yang memiliki banyak jumlah penduduk. Secara khusus sasaran utamanya adalah negara Cina.

Rencananya mobil murah VW itu bakal tersedia dalam tiga bentuk dan harga, yakni sedan Rp 75 juta, wagon Rp 88 juta dan MPV Rp100 juta. Mobil akan di luncur ke pasar pada kuartal akhir 2015. Asia menjadi tujuan pertama mobil murah dari VW.

2. Datsun
Nissan berkomitmen mengikuti turnamen pasar mobil murah. Hal ini tampak dengan  Nissan rela menggelontorkan investasi sebesar US$ 400 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun untuk menghidupkan merek mobil murah Datsun.

Meski belum diumumkan mengenai spesifikasi mesin, mobil garapan Nissan ini.  Rencananya Nissan akan mengembangkan enam model sekaligus, dengan harga sekitar US$ 3,000 sampai US$ 5,000 atau sekitar Rp 28,8 - 48 juta.

3. Suzuki Alto 
New Suzuki Alto menjadi andalan Suzuki bermain di segmen mobil murah. Bahkan, Suzuki rela menghentikan produksi Karimun Estilo yang diproduksi langsung dari India.

Suzuki Alto 800 ini dilengkapi mesin 800 cc tiga silinder, mampu menghasilkan tenaga hingga 48 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi 69 Nm pada 3.500 rpm. Dan varian baru juga sudah di keluarkan dengan mesin 1000 cc.

Untuk memberikan kepuasan konsumen, Suzuki Alto dilengkapi empat varian mulai dari tipe standar, LX, LXi dan LXi yang dilengkapi sistem keamanan Airbag.

Sedangkan untuk harga di India sudah dilepas dengan harga kisaran Rp 44 juta.

4. Astra Toyota Agya 
Mobil kembar dari Astra ini diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan September lalu melalu ajang Indonesia International Motor Show 2012. Kedua mobil ini pun langsung menyedot perhatian masyarakat terutama di Jakarta.

Rencananya Astra Toyota Agya akan memberikan tiga varian, yakni Toyota Agya TRD S, Toyota Agya G, dan Toyota Agya E. Toyota Agya TRD S.

Toyota Agya berbekal mesin 1 KR dengan kapasitas 998 cc DOHC 
fuel
 injection, yang dapat melontarkan tenaga hingga 65 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 85 pada 3.600 rpm dan digabungkan dengan transmisi manual 5 speed dan transmisi otomatis 4 speed. Untuk harga, Toyota rencananya akan melepas dikisaran harga Rp 75-110 juta.

5. Astra Daihatsu Ayla
Astra Daihatsu Ayla sedikit lebih murah dibandingkan dengan saudara kembarnya Astra Toyota Agya. Perbedaan tersebut dikarenakan adik Xenia ini tidak dilengkapi dengan sistem keamanan Airbag. Untuk harga pun Ayla dikabarkan tidak akan lebih dari Rp 70-100 juta.

6. Tata Nano
Produsen mobil India, Tata Motors menjadi pelopor mobil murah di dunia. Di negeri asalnya, Tata Nano di bandrol Rp 25-30 juta.

Untuk mesin, Tata Nano menggunakan mesin 624 cc, 2 silinder, MPFI, yang mampu menghasilkan daya maksimum 35 hp pada 5.200 rpm, dengan torsi 48 Nm pada 3.000-3.500 rpm.

Untuk akselerasi mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 105 km per jam, dengan konsumsi bahan bakar hingga 23,6 km per liter.

7. Geely
Mobil model city car produk Cina ini dengan bermesin  998 cc, konsumsi bahan bakarnya 18 km per liter. Untuk harga, termasuk mobil murah dengan kisaran harga Rp 98 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Motocycle Racer
animasi bergerak gif
My Widget