1. Ganti Oli Secara Rutin
Biasanya pada oli yang baru
kita beli tertera untuk pemakaian 1500/km – 4000/km. ya kalau untuk yang
4000/km biasanya harga lebih mahal, biasanya kalau honda rekomendasi
ganti oli adalah setiap 4000/km. inget pesan saya jangan menunggu sampai
Km-nya 2000/4000km, gantilah oli setiap perpriode tergantung jarak yang
setiap harinya kita gunakan. kita ambil contoh untuk oli yang 2000/km.
a. bila setiap hari kita menempu jarak 200 Km biasanya pekerjaan untuk
kurir, kita harus menggantinya setiap 2 minggu sekali kenapa? bila kita
asumsikan 200/km x 6 hari kerja = 1200/Km, pertanyaan kan belum
2000/km?? inget semakin mesin motor menyalah secara terus-menerus maka
semakan encer sekali oli motor yang kita gunakan. bila oli kita encer
maka kualitas pada oli kurang performa.
b. Bagaimana dengan jarak
pendek ataupun menengah?? bila jarak pendek yang setiap bulannya
200/km-500/km, kalau asumsi saya mengganti oli yaitu 1,5 bulan/sekali.
sedangkan untuk jarak menengah antara 501/km-200/km harus 1 bulan sekali
untuk penggantian oli.
c. Bagaimana bila terendam banjir sedangkan
oli baru saja di ganti, tetapi mesin masih bisa di jalankan?? saran saya
adalah anda segerah mengantinya secepat mungkin.
2. Service Motor Secara Rutin
untuk service anda dapat melakukannya secara bekala seperti halnya
mengganti oli, a. bila jarak tempuh dalam sebulan antara
2000/km-4000/km/ perblan lakukanlah service setiap 2 bulan sekali
b.
untuk jarak pendek dan menengah lakukanlah service berkala setiap 3
bulan sekali, lakukanlah service mesin motor anda bersamaan dengan
penggantian oli.
c. service disini sudah termasuk pengecekkan
keseluruhan dari onderdil motor anda mulai dari listrik motor, busi,
rantai, dan lain-lain.
3. Gunakan Speck Part Asli
gunakanlah speck Part asli terutama yang berhubungan dengan speck park mesin seperti Busi shiel pada mesin dll.
4. Panaskan Mesin Sebelum di Jalankan
Biasanya Saking buru-burunnya kita sering lupa untuk memanaskan mesin,
sebelum kita menjalankan mesin, baiknya kita terlebih dahulu untuk
memanaskan mesin antara waktunya 5 – 10 menit. jangan melakukan Starter
bila mesin dalam keadaan dingan terutama pada pagi hari, lakukanlah
dengan pedal/selah sebelum mesin di nyalakan. Dalam cuaca yang sangat
dingin, bahan bakar mengental dan meningkatkan viscositas. Ini dapat
mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut
ke dalam silinder dalam waktu yang efektif, bukan itu saja tetapi dapat
mempengaruhi komponen pada mesin maupun klistrikan pada aki motor.
5. Gunakanlah Bahan Bakar yang Berkualitas
yang nomer lima ini pastinya para pembaca sudah pasti mengerti bahan
bakar yang sangat berkualitas buat kendaraan kita semua, jadi saya tidak
perlu menjelaskannya dong he..3x.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar